Pengenalan ICD, Teman Akrab Mahasiswa Rekam Medis

shape image

Pengenalan ICD, Teman Akrab Mahasiswa Rekam Medis

Dunia rekam medis pasti tidak asing dengan kata ICD. ICD merupakan singkatan dari International Classification of Diseases. ICD merupakan buku tebal yang menjadi karakteristik mahasiswa rekam medis, bisa dikatakan ICD merupakan kitab dari mahasiswa rekam medis.

ICD yang digunakan dalam kuliah Rekam Medis

Apa Itu ICD?

ICD juga merupakan singkatan dari International Statistical Classification of Diseases and Related Health Problems adalah suatu sistem klasifikasi penyakit dan beragam jenis tanda-tanda, simptoma, kelainan, komplain dan penyebab eksternal dari suatu penyakit. Setiap kondisi kesehatan diberikan kategori dan kode. ICD dipublikasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan digunakan secara luas untuk morbiditas, mortalitas, sistem reimbursement dan sebagai penunjang keputusan dalam kedokteran. (sumber wikipedia)

ICD Apa Saja yang Sering Digunakan?

Dalam menjalani perkuliahan rekam medis, kita biasanya menggunakan beberapa ICD yang berbeda-beda. Jenis ICD yang biasa digunakan adalah untuk perkuliahan dan praktikum?

  • ICD 10

ICD-10 atau disebut ICD-X, menurut Gemala Hatta, ICD-10 adalah sistem klasifikasi yang komprehensif dan diakui secara international. ICD-10 berisikan klasifikasi diagnostik penyakit dengan standar Internasional yang disusun berdasarkan sistem kategori dan dikelompokkan dalam satu kriteria penyakit yang telah ditetapkan.

Untuk lebih detail kalian bisa kunjungi Penjelasan ICD 10 Secara Detail.

  • ICD-9-CM

ICD-9-CM merupakan singkatan dari International Classification of Diseases, 9th Revision, Clinical Modification, jika diartikan adalah Klasifikasi Statistik Internasional Penyakit dan Masalah Kesehatan Terkait revisi ke sembilan modifikasi klinis. ICD-9-CM adalah klasifikasi komprehensif tentang prosedur atau tindakan medis.

Untuk penjelasan lebih lanjut kalian bisa baca artikel tentang Mengenal apa itu ICD-9-CM beserta kegunaanya

  • ICOPIM

Sedangkan ICOPIM merupakan singkatan dari International Classification of Procedures in Medicine. ICOPIM atau IPCM digunakan untuk reporting, compaling, dan data. ICPM diterbitkan WHO pada tahun 1978 dan pengembangan diberhentikan pada tahun 1989.

  • ICD O

ICD O merupakan singkatan dari International Classification of Diseases untuk Onkologi. ICD O adalah sebuah Format Khusus atau bisa juga dianggap sebagai suatu ekstensi yang spesifik dan digunakan untuk domain yang telah ditetapkan dari Klasifikasi Statistik Internasional Penyakit dan juga Masalah Kesehatan Terkait untuk penyakit tumor. (sumber: wikipedia)

Itu saja pengenalan ICD yang biasa digunakan dalam dunia rekam medis, semoga informasi yang diberikat pada blog ini bermanfaat bagi kalian semua. Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini.

Baca Juga

Artikel Terkait

Posting Komentar

© 2021 Rekam Medik By G41150967